Wednesday 18 January 2017

Spot Foto yang Patut di Kunjungi Jika Pergi ke Kota Sanggau



Spot Foto yang Patut di Kunjungi Jika Pergi ke Kota Sanggau
Siapa sangka jika Kabupaten Sanggau memiliki begitu banyak tempat yang menarik dan wajib untuk dikunjungi, teruntuk tulisan pertama ini penulis akan mengkhususkan dahulu disekitaran kota Sanggau. Mulai dari gerbang selamat datang hingga ke ujung batas kecamatan kapuas yang menjadi ibukota kabupaten Sanggau saat ini.
Mungkin jika ditanya mengenai tempat-tempat yang bagus untuk diabadikan menggunakan kamera digital ataupun smartphone di kota Sanggau hanya akan terdengar beberapa tempat saja seperti Pancur Aji, Muara Kantu, Masjid Jami’ dan Keraton Surya Negara Sanggau. Belakangan ini sudah mulai banyak tempat-tempat bersantai yang dibangun oleh pemerintah daerah sebagai suatu bentuk daya tarik bagi wisatawan baik asing maupun dalam negeri untuk berkunjung ke kota Sanggau.
Walaupun ada beberapa tempat yang sudah lama dibangun dan kurang mendapat perhatian dari masyarakat, akan tetapi penulis akan menjabarkan secara detail keunikan dan apa saja yang terdapat ditempat tersebut yang dilihat biasa saja tapi patut untuk dikunjungi atau sekedar untuk berfoto saja sebagai kenangan bahwa kita pernah mengunjungi kota Sanggau. Baiklah, penulis akan memulai dengan gerbang awal masuk ke kota Sanggau yaitu :
1.      1. Gerbang Selamat Datang di Kota Sanggau


Gambar diatas merupakan bentuk dari gerbang selamat datang saat kita akan memasuki kota Sanggau, jika dilihat begitu banyak ornamen-ornamen yang menghiasi gerbang ini dengan berbagai macam corak. Penulis akan mengulas satu-persatu apasaja ornamen tersebut, dimulai dari tiang beton bulat paling depan berjumlah dua disebelah kiri dan dua pula disebelah kanan tempat bertengger empat ekor patung burung enggang yang terletak paling atas sebagai satu diantara hewan khas pulau Kalimantan yang sekarang keberadaannya cukup sulit untuk ditemukan dihutan belantara karena banyaknya perburuan liar terhadap hewan yang dilindungi negara tersebut .
Disekeliling tiang bulat tersebut terdapat corak suku dayak yang khas sebagai simbol suku asli yang mendiami wilayah borneo pedalaman, terlihat juga tiang persegi panjang yang berada dibelakang nya sebagai penyokong setiap tiang beton bulat tersebut. Bukan hanya sebagai penyokong tetapi terdapat tiga bentuk motif secara berurutan yaitu motif melayu, cina, dan dayak sebagai penggambaran tiga suku yang mendiami wilayah kota Sanggau hidup secara berdampingan.
Lanjut dua buah tiang persegi panjang dibelakangnya juga terdapat tiga buah corak yaitu lambang pemerintah daerah Kabupaten Sanggau, Tameng dan Pedang, dan yang paling bawah Pohon Kelapa. Untuk lambang pemerintah daerah tentunya sebagai penanda bahwa kota Sanggau sebagai salah satu wilayah administratif dari Kabupaten Sanggau, untuk tameng dan pedang ini menggambarkan terdapat kerajaan melayu yang merupakan cikal bakal dari perkembangan wilayah kota Sanggau yang sampai sekarang masih diakui oleh pemerintah daerah walaupun bukan sebagai penggerak dari pemerintah daerah yang dipimpin oleh seorang bupati menurut undang-undang. Serta yang terakhir adalah pohon kelapa sebagai pohon yang kitaketahui dari daun, buah, hingga batangnya dapat dimanfaatkan mungkin begitulah keinginan pemerintah daerah agar kota Sanggau dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat baik itu sumberdaya alam dan lainnya.
Selanjutnya dua buah tiang persegi panjang barisan ketiga terdapat gambar perisai suku dayak sebagai pelindung kota Sanggau dari berbagai bencana yang tidak diinginkan, dan tiang yang miring empat puluh lima derajat terlihat seperti sayap jika kita gabungkan antara sisi kiri dan kanan gerbang. Berikutnya ada empat buah tiang penyangga berbentuk bulat dengan diameter cukup besar sekitar lima puluh sentimeter.
Dibagian tengah sebelum lantai dasar gerbang terlihat pula lukisan masyarakat menoreh dan menanam pohon sawit dimasing-masing sisi sebagai gambaran sebagian besar masyarakat Sanggau bermata pencaharian berkebun. Dan lantai dasar terakhir terdapat delapan tiang bulat untuk memperkokoh gerbang selamat datang kota Sanggau, diharapkan menjadi ikon pertama yang dilihat oleh pengunjung dengan berbagai ornamen yang ada menjadi daya tarik tersendiri. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai tempat atau bangunan yang sebaiknya dikunjungi untuk berfoto sebelum masuk ke kota Sanggau. Dalam tulisan berikutnya akan penulis lanjutkan jadi tetap kunjugi terus blog ini, salam traveler ... @_@ (18/01).

No comments:

Post a Comment

#KampusFiksi 10 Days Writing Challenge, Day #07

Hari ketujuh di 10 Days Writing Challenge bersama @KampusFiksi, tidak terasa sudah melewati enam tantangan sebelumnya walaupun dih...