Thursday 2 July 2015

"Air Merubok" Riam, Sanggau City

Salah satu sungai yang ada di sanggau tepatnya di jalan Riam, kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas, Kota Sanggau. Sungai ini biasa dikenal dengan sungai Riam dengan air yang selalu mengalir dan salah satu dari anak sungai Kapuas. gambar diatas disebut air merubok karena selalu menghasilkan busa-busa seperti air mendidih dan memiliki kisah mistis dibaliknya.
Konon ada warga yang mandi di dalam air merubok itu dan tertarik kedalam dan tidak muncul kembali tetapi muncul di sungai Kapuas tepat didepan pancur aji yang konon dikenal sebagai kerajaan makhluk halus. tapi saya biasa mandi disini waktu kecil dan alhamdulillah tidak pernah tertarik kedalam, dalam mitos yang beredar bahwa di sungai riam ini juga ada buaya putih yang merupakan jelmaan siluman buaya. namun selama saya tinggal di jalan riam belum pernah melihat buaya putih tersebut.
jadi jangan takut untuk berkunjung ke sini akan tetapi suasananya sudah banyak berubah air sudah semakin keruh akibat masyarakat yang membuang sampah ke sungai sehingga kelestarian alam tidak terjaga, semoga dilain waktu saya punya kesempatan untuk membersihkan sungai riam ini sebagai tempat bermain diwaktu kecil. sebagai rasa cinta kampung halaman dan menjaga kelestarian lingkungan.(2-7-2015)

No comments:

Post a Comment

#KampusFiksi 10 Days Writing Challenge, Day #07

Hari ketujuh di 10 Days Writing Challenge bersama @KampusFiksi, tidak terasa sudah melewati enam tantangan sebelumnya walaupun dih...