Monday 22 September 2014

Sungai Kapuas Tinggal Kenangan

Sungai Kapuas, yang begitu panjang dan lebar terletak disepanjang wilayah Kalimantan Barat mulai dari Kapuas Hulu hingga Sambas. Banyak sekali masyarakat yang hidup ditepi sungai tersebut dan menggunakan airnya untuk kebutuhan sehari-hari. Namun sekarang sungai kapuas sudah tercemar dikarenakan berbagai kegiatan manusia yang tidak memelihara lingkungan sungai kapuas.
Air yang dulunya jernih dan bersih bahkan bisa diminum langsung untuk melepas dahaga dikala haus, sekarang jangankan untuk minum untuk mandi saja mikir-mikir karena banyak sampah hanyut dan warna sungai yang sudah bercampur dengan limbah rumah tangga dan berbagai zat kimia lainnya.
Sekarang tinggal kesadaran kita saja bagaimana menjaga dan membersihkan sungai kapuas yang dulu menjadi sumber kehidupan masyarakat pesisir sungai kapuas sehingga dimasa mendatang sungai kapuas kembali berguna bagi kehidupan manusia dan makhluk lainnya.
Aamiin...... 
(22-9-2014)

No comments:

Post a Comment

#KampusFiksi 10 Days Writing Challenge, Day #07

Hari ketujuh di 10 Days Writing Challenge bersama @KampusFiksi, tidak terasa sudah melewati enam tantangan sebelumnya walaupun dih...